PROFIL PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA
Program studi Sarjana Farmasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta berdiri pada tahun 2018 dengan SK Ristekdikti nomor 1184/KPT/ I/ 2018 pada tanggal 27 Desember 2018. Program stusi Sarjana Farmasi memiliki keunggulan program studi di bidang farmasi klinis-komunitas dan pengembangan produk herbal
VISI
Menjadi Program Studi Farmasi Program Sarjana yang Unggul dan Berkompeten di Bidang Farmasi Klinik Komunitas dan Pengembangan Produk Herbal Tahun 2045.
MISI
TUJUAN
PROFIL LULUSAN
NO |
PROFIL LULUSAN |
DESKRIPSI |
1 |
Care-giver |
Lulusan Prodi farmasi UKH mampu melakukan Pharmacheutical care, mememberikan asuhan kefarmasian kepada masyarakat, Mampu mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya untuk mengoptimalkan terapi, Mampu melakukan pelayanan sediaan farmasi dan alat kesehatan sesuai prosedur, Mampu menyiapkan sediaan farmasi yang aman, efektif, stabil dan bermutu, Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam pengembangan sediaan farmasi yang aman, efektif, stabil dan bermutu berbasis bukt iilmiah dalam mengoptimalkan terapi untuk menunjang di farmasi klinik-komunitas. |
2 |
Decision-Maker |
Lulusan Prodi Farmasi UKH mampu mengambil dan membuat sebuah keputusan dalam pekerjaan kefarmasian atas dasar : Ilmu, legal dan etik pada farmasi klinik-komunitas dan pengembangan produk herbal. |
3 |
Comunicator |
Lulusan Prodi Farmasi UKH mampu berkomunikasi dengan baik pada penderita, keluarga, masyarakat dan profesi kesehatan secara profesional dan mampu membangun hubungan interpersonal dengan berbagai pihak sebagai upaya dalam mengoptimalkan terapi pada bidang farmasi klinik-komunitas. |
4 |
Manager |
Lulusan Prodi Farmasi UKH mampu memimpin dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam menjalankan pekerjaaan kefarmasian dan kewirausahaan di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
5 |
Life-Long Learner |
Lulusan Prodi Farmasi UKH memiliki kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengembangan diri dalam kefarmasian pada bidang kefarmasian secara berkelanjutan terutama di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
6 |
Teacher |
Lulusan Prodi Farmasi UKH memiliki kemampuan dalam mencari, menelusur, menganalisis, mengevaluasi, mensinntesis, mengajarkan dan mendiseminasikan informasi secara inovatif terkait obat dan sediaan farmasi lainya berbasis bukti ilmiah dalam upaya promotif dan preventif di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
7 |
Leader |
Lulusan Prodi Farmasi UKH mampu menerapkan prinsip kepemimpinan dalam mengatur tim atau kelompok yang berada dibawah tanggungjawabnya terkait pekerjaan kefarmasian di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
8 |
Researcher |
Lulusan Prodi farmasi UKH mampu mengembangkan dan menerapkan konsep teoritis berbagai bidang ilmu, dapat melakukan riset kefarmasian dan mampu menemukan cara baru dan berinovasi dalam melakukan pekerjaan kefarmasian di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
9 |
Enterpreuner |
Lulusan Prodi Farmasi UKH mampu dan peka dalam memanfaatkan peluang untuk peningkatan kinerja professional di bidang farmasi klinik komunitas dan pengembangan produk herbal. |
10 |
Internasional Orientation |
Lulusan Prodi farmasi UKH mampu mengembangkan dan memanfaatkan pengetahuan dan skill dalam bidang farmasi klinik-komunitas dan pengembangan produk herbal menuju arah yang lebih luas (Internasional). |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
NO |
CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) |
Kode |
INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) |
1 |
SIKAP |
S.01 |
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S.02 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; | ||
S.03 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S.04 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | ||
S.05 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S.06 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S.07 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S.08 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S.09 |
Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | ||
S.10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
2 |
KETERAMPILAN UMUM |
KU.01 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU.02 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | ||
KU.03 |
Mampu   mengkaji   implikasi   pengembangan   atau imple- mentasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkannilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; | ||
KU.04 |
Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | ||
KU.05 |
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | ||
KU.06 |
Mampu    memelihara    dan    mengembangkan    jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | ||
KU.07 |
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompokdan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | ||
KU.08 |
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | ||
KU.09 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | ||
3 |
KETERAMPILAN KHUSUS |
KK.01 |
Mampu mengidentifikasi masalah terkait obat dan alternatif solusinya. |
KK.02 |
Mampu melakukan pelayanan sediaan farmasi sesuai prosedur. | ||
KK.03 |
Mampu menyiapkan atau meracik sediaan farmasi sesuai prosedur. | ||
KK.04 |
Mampu menerapkan ilmu dan teknologi kefarmasian dalam pembuatan dan penjaminan mutu sediaan farmasi. | ||
KK.05 |
Mampu mencari, menyiapkan, dan memberikan informasi tentang obat dan pengobatan. | ||
KK.06 |
Mampu berkomunikasi dan membangun hubungan interpersonal. | ||
KK.07 |
Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen. | ||
KK.08 |
Mampu bertindak secara bertanggungjawab sesuai ketentuan perundang- undangan dan etik kefarmasian. | ||
KK.09 |
Menunjukkan penguasaan IPTEK, kemampuan riset, dan pengembangan diri. | ||
KK.10 |
Mampu menerapkan Pembuatandan Penjaminan mutu dalam pengembangan produk herbal dan melakukan pelayanan Farmasi Klinik-komunitas | ||
4 |
PENGETAHUAN |
P.01 |
Menguasai teori, metode, aplikasi ilmu dan teknologi farmasi (farmasetika, kimia farmasi, farmakognosi, farmakologi), konsep dan aplikasi ilmu biomedik (biologi, anatomi manusia, mikrobiologi, fisiologi, patofisiologi, etik biomedik, biostatistik, biokimia), konsep farmakoterapi, pharmaceutical care, pharmacy practice, serta prinsip pharmaceutical calculation, farmako epidemiologi, pengobatan berbasis bukti,dan farmako ekonomi. |
P.02 |
Menguasai pengetahuan tentang manajemen farmasi, sosio-farmasi, hukum dan etik farmasi, teknik komunikasi, serta prinsip dasar keselamatan kerja. | ||
P.03 |
Menguasai pengetahuan tentang farmasi klinik-komunitas dan teknologi Pembuatan dan mutu dalam pengembangan produk herbal |
SASARAN
TUGAS DAN WEWENANG
Ketua Program Studi
TUGAS POKOK
Terselenggaranya proses belajar mengajar di program studi yang bermutu sesuai dengan standar SN DIKTI dan standar perguruan tinggi Universitas Kusuma Husada Surakarta.
WEWENANG
1. Mengesahkan renstra dan renop prodi
2. Menetapkan perencanaan kegiatan pembelajaran program studi
3. Mengesahkan organisasi internal program studi
4. Mengarahakan sdan menggerakkan system manajemen dilingkungan program studi
5. Memberikan keputusan akhir dalam setiap proses musyawarah kegiatan tingkat program studi
6. Menegur dan membina bawahan
7. Menilai bawahan
8. Mengusulkan kebutuhan SDM
TANGGUNG JAWAB
1. kebenaran dan ketetapan rencana program kerja
2. keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3. kelancaran dan ketetapan pelaksanaan tugas
4. kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5. kerahasiaan surat, dokumen, data dan, informasi
6. kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7. kedisiplinan bawahan sesuai kewenangannya
URAIAN TUGAS
1. Menyusun rencana strategis (Renstra) dan rencana operasional (Renop) program studi
2. Melaksanakan renop
3. Mengelola perencanaan pengajaran
4. Mengelola pelaksanaan kurikulum dan implementasinya
5. Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
6. Melakukan pembinaan, koordinasi terkait dengan proses belajar mengajar
7. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat prodi
8. Mengambil Langkah-langkah penyelesaian permasalahan di pembelajaran
9. Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran dalam bentuk laporan Pendidikan
10. Mengevaluasi ketercapaian renop
11. Merencanakan, mengevaluasi, mengembangkan kurikulum (struktur mata kuliah, jejaring mata kuliah, RPS, dan bahan ajar)
12. Menetapakan spesifikasi/kompetensi program studi
13. Menetapkan status/kondisi mahasiswa setiap semester
14. Menetapkan distribusi dosen pengampu mata kluliah (termasuk praktikum)
15. Mengevaluasi terhadap proses KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
16. Membantu dan mengendalikan proses belajar mengajar di prodi
17. Melakukan penilaian kinerja dosen program studi dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan melaporkannya kepada Wakil Ketua I dan Ketua STIKes
18. Menetapkan distribusi dosen wali dan monitoring perwalian
19. Menyelenggarakan rapat yudisium
20. Melakukan koordinasi berbagai kebijakan akademik dengan level sejenjang
21. Membina kualitas kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa
22. Menginformasikan kebutuhan Kerjasama sesuai kompetensi program studi pada Wakil Ketua I dan Ketua STIKes
23. Melaksanankan kegiatan hasil kesepakatan Bersama
24. Mengembangkan materi perkuliahan (termasuk praktikum)
25. Koordinasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan LPMM, LPM, Laboratorium dan perpustakaan
26. Melakukan verifikasi penerbitan ijazah dan transkip nilai
27. Membuat pelaporan tiap semester baik untuk keperluan manajemen, LPM maupun pihak lain (Kopertis, Dikti, dll)
28. Melaksanakan proses ijin penyelenggaraan dan proses akreditasi/reakreditasi program studi
29. Melakukan penyetaraan nilai
30. Mengelola, memonitor dan mengevaluasi kinerja bawahan
31. Bertanggung jawab dan menyusun organisasi di dalam manajemen program studi
32. Menetapkan diskripsi tugas masing-masing bagian dalam organisasi program studi
33. Bertanggung jawab atas terjalinnya hubungan Kerjasama
34. Mengembangkan dosen melalui Tri Dharma Perguruan tinggi sesuai bidangnya
35. Memotivasi dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan
36. Menetapkan hasil penilaian mata kuliah yang disusun
37. Memonitor, mengevaluasi, memotivasi, menggerakkan tersusunnya nilai per mata kuliah dari masing-masing coordinator mata kuliah ke bagian evaluasi dan sekretaris program studi
38. Menetapakan perencanaan anggaran program studi selama satu tahun
39. Menetapkan dan memverifikasi laporan selama satu tahun
40. Menetapakan dan memverifikasi laporan keuangan kegiatan program studi melalui sekretaris program studi kepala Wakil KetuA I, Wakil Ketua II, dan Ketua STIKes
41. Memonitor pemasukan dan pengeluaran anggaran setiap tiga bulan sekali melalui sekretaris program studi
42. Memonitor kelengkapan sarana prasarana program studi melalui sekretaris prodi
43. Melakukan kontroling keuangan, system PBM Bersama sekprodi dan bagian terkait
44. Melaksanakan tugas-tugas lain untuk pekerjaan yang diperintahkan atasan yang mendukung tujuan jabatan
Sekretaris Program Studi
TUGAS POKOK
Membantu tugas ketua program studi di dalam pengelolaan dan pengembangan program studi serta memonitor dan bertanggung jawab atas kelancaran proses belajar mengajar di tingkat program studi
WEWENANG
1. Menegur staf/pengajar dan pegawai administrasi yang lalai dalam melaksanakan tugasnya
2. Menentukan prioritas pekerjaan
3. Memaraf surat-surat dinas sesuai dengan ketentuan
4. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksaan tugas
5. Menjaga kerahasiaan surat, dokumen, data, dan informasi
6. Melaksanakan tugas dan wewenang ketua program studi atas perintah ketua bila ketua berhalangan
TANGGUNG JAWAB
1. Kebenaran dan ketetapan rencana program kerja
2. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3. Kelancaran dan ketetapan pelaksaan tugas
4. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5. Kerahasiaan surat, dokumen, data, dan informasi
6. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksaan tugas
7. Kedisiplinan staf sesuai kewenangannya
URAIAN TUGAS
1. Melaksanakan kurikulum dan implementasi
2. Melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar mutu
3. Melakukan pembinaan, koordinasi terkait dengan PBM
4. Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat programstudi
5. Mengambil Langkah-langkah penyelesaian masalah di pembelajaran
6. Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output dan pembelajaran
7. Membantu kaprodi dalam menyusun perencanaan anggaran, yaitu :
a. Membuat kalender akademik
b. Membuat jadwal perkuliahan
c. Membuat team teaching beserta coordinator mata kuliah
d. Menentukan dosen pengajar
e. Menentukan dosen wali dan pembimbing akademik
f. Membuat usulan anggaran belanja program studi
g. Membuat surat menyurat berkaitan dengan Dikjar (permohonan mengajar, menguji, membimbing, dll)
h. Mengecek administrasi pembelajaran (jurnal perkuliahan, absensi mahasiswa, absensi dosen, dll)
i. Mengecek kesiapan sarana prasarana pembelajaran, meliputi ruang kelas dan kelengkapannya
j. Mengelola administrasi KRS dan KHS mahasiswa setiap semester
k. Menyiapkan buku-buku pedoman PMB (buku panduan akademik, buku monitoring PA, pedoman praktik lab, pedoman praktik klinik, pedoman tugas akhir)
8. Membantu kaprodi dalam pelaksaan pengajaran, meliputi :
a. Melaksanakan administrasi : mengelola RPS, RPP, kesanggupan mengajar, kontrak belajar, dll untuk persiapan pembelajaran
b. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksaan pembelajaran meliputi : kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS/RPP, kehadiran dosen dan mahasiswa
c. Menghimpun hasil verifikasi akhir mata kuliah oleh dosen wali untuk yudisium
d. Koordinasi pelaksaan ujian akhir program
e. Melaksanakan administrasi pelaksaan UTS, UAS (termasuk Menyusun jadwal ujian dan pengawasan ujian) ujian akhir, dan UKOM
f. Mengelola administrasi karya tulis / skripsi
g. Mengelola administrasi penelitian belajar / KHS, transkip, SERKOM, dan SKPI
h. Mengelola administrasi SIA dan PDPT
9. Membantu kaprodi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya jumlah kehadiran dosen dan mahasiswa, ketercapaian SAP, dll
10. Membantu kaprodi dalam pendokumentasian dan pelaporan evaluasi, meliputi :
a. Mendokumentasikan surat masuk dan keluar
b. Mengusulkan MoU tempat praktik
c. Mengumpulkan nilai coordinator evaluasi
d. Membuat laporan pendidikan semesteran dan tahunan
e. Membuat laporan penggunaan anggaran anggaran Pendidikan setiap tiga bulan sekali
11. Melaksanakan pembinaan dosen, tenaga penunjang akademik, tenaga administrasi dan mahasiswa di tingkat program studi
12. Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan program studi
13. Melaksanakan program kerja tahunan dengan pengembangan akademik di tingkat program studi sebagai berikut :
a. Menyelenggarakn proses pembelajaran meliputi perubahan atau peninjauan kurikulum, metodologi pembelajaran, dan penetapa beban kinerja dosen (BKD)
b. Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya
c. Pelaksaan pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
d. Pelaksaan dan pengembangan sarana penunjang Pendidikan
e. Pengelolaan data akademik sebagai dasar system informasi manajemen program studi
14. Menyusun spesifikasi program studi dan membuat standar kompetensi lulusan Bersama kaprodi
15. Mengusulkan status/kondisi mahasiswa tiap semester
16. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan
DAFTAR DOSEN
PELAKSANAAN PENELITIAN DOSEN PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA TAHUN AKADEMIK 2020/ 2021
Dosen Prodi Farmasi Program Sarjana Universitas Kusuma Husada Surakarta menjalankan penelitian secara kontinyu setiap tahunnya. Penelitian yang dilakukan dosen Prodi disesuaikan dengan visi misi Prodi yang mengacu pada visi misi fakultas dan universitas. Dosen Prodi memiliki roadmap penelitian yang menggambarkan kesinambungan penelitian dosen terutama terkait bidang farmasi klinis dan komunitas dan pengembangan produk herbal tahun 2045. Dosen mengikut sertakan mahasiswa sebagai anggota penelitian untuk mewujudkan peran aktif dosen dan mahasiswa dalam Tri Darma khususnya pendidikan dan penelitian. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen memberikan manfaat tersendiri bagi mahasiswa yaitu mahasiswa memperoleh pengalaman penelitian yang nyata serta membantu menumbuhkan motivasi sebagai peneliti yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya saat penyusunan skripsi. Mahasiswa sebagai anggota penelitian dosen berperan sebagai pengambil data, enumerator, fasilitator, atau mendokumentasikan kegiatan.
Judul penelitian dosen Prodi Farmasi Program Sarjana Program TA 2020/ 2021 sebagai berikut:
NO |
NAMA DOSEN |
NAMA MAHASISWA |
JUDUL PKM |
1 |
apt. HanugrahArdya, M.Farm (NIK: 201991205) |
Alivia Cahyaningrum (F19001) |
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pola Pemilihan Obat Tradisional Untuk Pengobatan Sendiri (Self Medication) pada Masyarakat Desa Kalisoro |
Alpidawati(F19002) | |||
Amin Suryaandini (F19003) | |||
Antika Asmara Putri (F19004) | |||
2 |
apt. InayatushSholihah, M.Clin.Pharm (NIK : 201992248) |
GaluhNovica Sari (F19011) |
Identifikasi DRP's (Drug Related Problems) pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik di RS UNS |
Ika Putri Pertiwi (F19012), | |||
IsnainiIndriatuti (F19013 | |||
Kharisma Putri Murti Dewi (F19014) | |||
3 |
apt. EerstaZusvita W., M.Si.(NIK : 201585164) |
QulfattuRohana (F19022) |
Evaluasi Efektivitas Biaya Penggunaan Terapi Kombinasi Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Disertai Diabetes Melitus Tipe 2 |
SekarMeynaAyuningtyas (F19024) | |||
Selma UtamiWailissa (F19025) | |||
Sylvia Anggraini (F19026) | |||
4 |
apt. Lanny Triana, M.Farm (NIK: 202077267) |
SineiwaIpoHigyeungsi (F19027) |
Characteristics of Physical Properties of Moringa Leaf Extract (Moringa oleifera) in Capsule Preparations by Wet Granulation Method for Antidiabetic |
Vira Herawati (F19029) | |||
Yasmin Nur Afifah (F19030) | |||
YesiSusianti (F19031) | |||
5 |
apt. Joko Santoso, M.Sc.(NIK : 202081247) |
KusnulPatimah (F20015) |
Development of Solubility Technology of Jackfruit Leaf Extract (Artocarpus Heterophillus Lam.) on The Characteristics of Nanotechnology Preparation |
Ayu Sholaekah (F20016) | |||
DelvianaPuspita Sari (F20017) | |||
Mawalida (F20018) | |||
6 |
apt. Adhi Wardhana, M.Farm (NIK : 202093251) |
Sinta Rofi Mariska (F20022) |
Evaluasi Rasionalitas Antibiotik untuk Infeksi Saluran Kemih |
MiftakhulZahrohUliya Nur Faizah ( F20023) | |||
Ulfa Kusuma Bhakti (F20024) | |||
Frisda Ayu Agustiningrum (F20025) | |||
7 |
apt. Agnes Prawistya Sari, M.Farm ( NIK : 202091253) |
Della AnggunSafira (F20029) |
Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian dan Pelayanan Apotek pada Masa Pandemic Covid-19 di Apotek Kota Surakarta |
Fikri Nur Sulaiman (F20030) | |||
Neni Zakiyah (F20031) | |||
DwiKurniawati ( F20032) | |||
8 |
apt. Rolando Rahardjoputro, M.Farm (NIK : 202087255) |
EliraDwi Ayu Erlandi (F20001) |
Analisis Rasionalitas Peresepan Antibiotik dengan Menggunakan Metode Gyssens untuk Pengobatan Pneumonia pada Pasien Geriatri |
Destria Usha WidyaRisantie (F20002) | |||
Kania Istiqomah (F20003) | |||
Anggita Maya Fatikasari (F20005) | |||
9 |
apt. Raden Roro Sri Wulandari, M.Farm (NIK: 202077268) |
Leonita Wahyu Kristanti (F20008) |
Antidiabetic Activity of 70% Ethanol Extract of  Teak Leaf (Tectona grandis L.S) in Vivo |
Ahmad Fatah Bisri ( F20009) | |||
Sania Ari Rahmawati (F20010) | |||
SyafiraWijiAstuti (F20011) |
UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG EFEK SAMPINGOBAT PADA WARGA DESA WISMA DALAM UPAYA PENERAPAN FARMAKOVIGILANS DENGAN DOSEN PRODI FARMASI PROGRAM SARJANA
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun akademik 2020/2021 perode Juli 2020-Juli 2021 dilaksanakan di desa binaan yaitu Mojosongo. Kegiatan tersebut mengajak masyarakat untuk meningkatkan dan memberi pengetahuan tentang kesehatan. Adapun penyuluhan dan pelatihan yang di berikan di Desa Binaan adalah tentang edukasi efek samping obat, penggunaan antibiotik, pencegahan penyakit diabetes melitus dan edukasi obat sejak dini. Mahasiswa dalam kegiatan ini juga di ikut sertakan untuk memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat. Kegiatan ini disambut antusias oleh warga saat pelaksanaanya. Dapat dilihat dari banyaknya warga yang mengikuti kegiatan tersebut.
NO |
NAMA DOSEN |
NAMA MAHASISWA |
JUDUL PKM |
1 |
apt. Hanugrah Ardya, M.Farm (NIK: 201991205) |
Alivia Cahyamingrum (F19001) |
Penyuluhan Manfaat Daun Johar dan Daun Alpukat sebagai Tanaman Kesehatan di Desa Kalisoro |
Alpidawati(F19002) | |||
Amin Suryaandini (F19003) | |||
Antika Asmara Putri (F19004) | |||
2 |
apt. Inayatush Sholihah, M.Clin.Pharm (NIK : 201992248) |
Galuh Novica Sari (F19011) |
Peningkatan Pengetahuan Tentang Efek Samping Obat pada Posyandu Lansia dalam Upaya Penerapan Farmakovigilans |
Ika Putri Pertiwi (F19012), | |||
Isnaini Indriatuti (F19013 | |||
Kharisma Putri Murti Dewi (F19014) | |||
3 |
apt. Eersta Zusvita W., M.Si.(NIK : 201585164) |
Qulfattu Rohana (F19022) |
Penyuluhan Kesehatan SertaPemeriksaan Tekanan Darah dan Gula darah |
Sekar Meyna Ayuningtyas (F19024) | |||
Selma Utami Wailissa (F19025) | |||
Sylvia Anggraini (F19026) | |||
4 |
apt. Lanny Triana, M.Farm (NIK: 202077267) |
Sineiwa Ipo Higyeungsi (F19027) |
Penyuluhan Kesehatan dan Pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula darah |
Vira Herawati (F19029) | |||
Yasmin Nur Afifah (F19030) | |||
Yesi Susianti (F19031) | |||
5 |
apt. Joko Santoso, M.Sc.(NIK : 202081247) |
Kusnul Patimah (F20015) |
Community Development And Empowerment Through The Aplication Of Herbal Soap Making For Skin Health In Parangjoro Village, Grogol, Sukoharjo |
Ayu Sholaekah (F20016) | |||
Delviana Puspita Sari (F20017) | |||
Mawalida (F20018) | |||
6 |
apt. Adhi Wardhana, M.Farm (NIK : 202093251) |
Sinta Rofi Mariska (F20022) |
Penyuluhan Upaya Pencegahan Infeksi Saluran Kemih |
Miftakhul Zahroh Uliya Nur Faizah ( F20023) | |||
Ulfa Kusuma Bhakti (F20024) | |||
Frisda Ayu Agustiningrum (F20025) | |||
7 |
apt. Agnes Prawistya Sari, M.Farm ( NIK : 202091253) |
Della Anggun Safira (F20029) |
Edukasi tentang Obat Dan Pengenalan Profesi Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian |
Fikri Nur Sulaiman (F20030) | |||
Neni Zakiyah (F20031) | |||
Dwi Kurniawati ( F20032) | |||
8 |
apt. Rolando Rahardjoputro, M.Farm (NIK : 202087255) |
Elira Dwi Ayu Erlandi (F20001) |
Penyuluhan Penggunaan Antibiotik Yang Bijak Di Kelompok Dasa Wisma Di Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta |
Destria Usha Widya Risantie (F20002) | |||
Kania Istiqomah (F20003) | |||
Anggita Maya Fatikasari (F20005) | |||
9 |
apt. Raden Roro Sri Wulandari, M.Farm (NIK: 202077268) |
Leonita Wahyu Kristanti (F20008) |
Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Pemanfaatan Tanaman Herbal Dalam Rangka Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus. |
Ahmad Fatah Bisri ( F20009) | |||
Sania Ari Rahmawati (F20010) | |||
Syafira Wiji Astuti (F20011) |
Pendidikan Prodi Farmasi Program Sarjana di tempuh selama 4 tahun. Proses Pendidikan Prodi Farmasi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta disesuaikan dengan tuntutan kompetensi apoteker nasional yang didukung dengan kurikulum yan mengacu pada standar Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia serta Naskah Akademik Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia. Prodi Farmasi Program Sarjana UKH juga di dukung oleh staf pengajar yang berpengalaman, serta fasilitas penunjang pemeblajaraan yang sngat memadai untuk mendukung penanaman keunggulan sesuai dengan visi prodi.
Pembelajaran di Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta, dilaksanakan berdasarkan Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 73 Tahun 2013 tentang KKNI Bidang Pendidikan, PP No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan Permendikbud No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Penyelenggaraan pendidikan program studi Farmasi Program Srajana dilaksanakan dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi tahap program pendidikan pada program Sarjana Farmasi minimal 147 (seratus empat puluh tujuh) SKS yang terdiri dari 14 SKS mata kuliah umum wajib, 123 SKS mata kuliah wajib program studi dan minimal 4 SKS mata kuliah pilihan program studi serta skripsi/tugas akhir yang setara 6 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 (delapan) semester dan selama-lamanya 14 (empat belas) semester setelah kegiatan akademik awal semester pertama. Setelah menyelesaikan program pendidikan farmasi, maka mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Farmasi (S.Farm). Kegiatan akademik dilaksanakan dalam semester gasal dan genap. Semester gasal dimulai bulan Agustus sampai dengan Desember dan semester genap dimulai bulan Februari sampai dengan Juni. Semester adalah kegiatan akademik perkuliahan yang dilaksanakan selama 16 kali pertemuan dalam setiap semester berjalan. Semester terbagi dua, yaitu gasal dan genap dalam setiap tahun akademik berjalan.
Fasilitas
Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta memiliki Fasilitas laboratorium sebagai berikut :