Studi ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun dengan beban kuliah sebesar 109 SKS. Pembelajaran berbasis bukti (evidence based) 40% teori dan 60% praktik sehingga lulusan pasti terampil dan siap kerja. Dibekali kemampuan asuhan kebidanan holistik untuk menunjang kemampuan kebidanan dan mengembangkan jiwa entrepeneurship di bidang kesehatan.
Prospek lulusan sebagai Bidan di Rumah Sakit/Klinik dan Rumah Bersalin, Puskesmas, Kementrian Kesehatan, Bidan Komunitas (Bidan Desa), Praktik Mandiri, PNS.

VISI

Menjadi Program Studi yang kompeten, inovatif, dan unggul dalam melakukan health improvement of mom and baby.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga Kebidanan berkualitas yang berbasis penelitian untuk menghasilkan Bidan yang berkarakter, berdaya saing tinggi, dan unggul dalam melakukan health improvement of mom and baby.

  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang kebidanan yang mendukung pengembangan health improvement of mom and baby.

  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang kebidanan dalam rangka aplikasi riset yang dapat memberikan solusi dan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

  4. Mengembangkan profesionalisme bagi semua civitas akademika Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga.

  5. Mengembangkan jejaring kerjasama baik nasional maupun global yang mendukung pengembangan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Universitas Kusuma Husada Surakarta adalah:

  1. Menghasilkan pendidikan Diploma Tiga Kebidanan berkualitas dan inovatif yang berbasis penelitian untuk menghasilkan Bidan yang berkarakter, berdaya saing tinggi dan unggul dalam melakukan health improvement of mom and baby.
  2. Menghasilkan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang kebidanan yang mendukung pengembangan health improvement of mom and baby.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada pengabdian kepada masyarakat dibidang kebidanan dalam rangka aplikasi riset yang dapat memberikan solusi dan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Terwujudnya profesionalisme bagi semua civitas akademika Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga.
  5. Terjalinnya jejaring kerjasama baik nasional maupun global yang mendukung pengembangan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.



PROFIL LULUSAN

Lulusan Bidang Diploma Tiga Universitas Kusuma Husada Surakarta dapat menjadi :

Lulusan Ahli Madya Kebidanan berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan dengan health improvement of mom and baby pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita, dengan memperhatikan aspek bio-psiko-sosio-kultural dan budaya pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan Kesehatan.

Sasaran Mutu

  1. Meningkatnya kualitas pendidikan yang inovatif.
  2. Meningkatnya relevansi, produktivitas, dan daya saing hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Meningkatknya kualitas tata kelola program studi dan profesionalisme sivitas akademika, alumni berdaya saing yang berjiwa entrepreneur.
  4. Revitalisasi pendukung Tridharma Perguruan Tinggi.


Tugas dan wewenang

a.KETUA PROGRAM STUDI

Tugas Pokok

Terselenggaranya proses belajar mengajar di Prodi yang bermutu sesuai dengan standar SNP-PT Universitas Kusuma Husada Surakarta
Tanggungjawab
1.Merencanakan kurikulum dan implementasinya
2.Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
3.Melakukan pembinaan, koordinasi terkait Proses Belajar Mengajar
4.Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat Prodi
5.Mengambil langkash-langkah penyelesaian masalah di pembelajaran
6.Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran

b.SEKRETARIS PROGRAM STUDI

Tugas Pokok

Membantu Ketua program Studi di dalam pengelolaan dan pengembangan Prodi serta memonitor dan bertanggungjawab atas kelancaran proses belajar mengajar di tingkat Prodi

Tanggungjawab

1.Melaksanakan kurikulum dan implementasinya
2.Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar mutu
3.Melakukan pembinaan, koordinasi terkait Proses Belajar Mengajar
4.Memonitor dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran di tingkat Prodi
5.Mengambil langkash-langkah penyelesaian masalah di pembelajaran
6.Melaporkan semua kegiatan pembelajaran baik input, proses, output pembelajaran

c.KOORDINATOR BIDANG KEMAHASISWAAN

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris dalam  tugas yang berkaitan dengan kemahasiswaan di Program Studi.

UraianTugas

1.Menyiapkan buku-buku pedoman dan panduan PMB (Buku Panduan Akademik, Buku Saku Mahasiswa dan Buku Monitoring PA)
2.Mengelola administrasi SIA dan PDPT
3.Pemetaan dosen PA bagi mahasiswa setiap tahun ajaran
4.Koordinasi kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya.
5.Membantu Program Studi dalam pengurusan ijin tidak masuk kuliah, ijin cuti mahasiswa, pengunduran diri dan aktif kembali dari cuti.
6.Pengelolaan surat teguran, SP atau mahasiswa DO
7.Pendokumentasian kronologis mahasiswa bermasalah
8.Melaporkan evaluasi kegiatan mahasiswa terkait akademik dan kegiatan eksternal
9.Melakukan pendampingan dalam keorganisasian mahasiswa (HIMADAN)
10.Melakukan usaha peningkatan dan pengembangan minat dan bakat mahasiswa di lingkup Program Studi
11.Melaporkan perkembangan mahasiswa secara akademik dan membina hubungan baik dengan orang tua mahasiswa
12.Melaksanakan penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan Program Studi.
13.Membantu pengawasan tentang atribut mahasiswa : baju seragam, pin, name tag, sepatu, KTM, dll.
14.Pengarsipan data diri mahasiswa (data diri, foto, ijazah dan transkip SMA) serta prestasi mahasiswa
15.Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.

d.KOORDINATOR BIDANG KURIKULUM

Tugas Pokok

Membantu Sekretaris Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran di Program Studi

UraianTugas

1.Membuat kalender akademik dan jadwal perkuliahan
2. Melakukan peninjauan kurikulum, baik secara mikro dan makro
3. Membuat rincian bahan ajar dan pengecekan kesesuaian RPS yang telah dibuat oleh coordinator MK
4. Melaksanakan administrasi : mengelola RPS, kesanggupan mengajar, kontrak belajar dan yang lainnya untuk persiapan PBM.
5. Menyiapkan buku-buku pedoman PMB (buku panduan akademik, buku monitoring  PA, pedoman praktik laboratorium, dan pedoman tugas akhir/skripsi)
6. Melaksanakan administrasi pengelolaan monitoring pelaksanaan pembelajaran meliputi :kesesuaian materi yang diberikan dengan RPS, kehadiran dosen dan mahasiswa.
7. Melakukan pemetaan kisi-kisi ujian, jumlah soal ujian dan jadwal pengawas ujian.
8. Melakukan koordinasi dengan pihak terkait (BAAK, dan IT) untuk pelaksanaan UTS, UAS dan Ujian Akhir)
9. Mengelola administrasi penelitian belajar , KHS, transkip, SKPI
10. Membantu Ketua Program Studi dalam melaksanakan evaluasi PBM, misalnya jumlah kehadiran dosen, mahasiswa ketercapaian SAP, dll.
11. Membantu Program Studi dalam persiapan yudisium.
12. Melakukan rekapitulasi nilai dari coordinator MK
13. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
14. Membuat laporan LPJ hasil evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
15. Melakukan koordinasi dengan BAAK untuk penyerahan nilai KHS setiap semester dan transkip nilai tiap semester.
16. Pelaksanaan tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua Program Studi.

e. KOORDINATOR BIDANG EVALUASI

Tugas pokok

Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Evaluasi Program Studi

Uraian Tugas

1. Melakukan rekapitulasi nilai dari koordinator mata kuliah
2. Mengidentifikasi mahasiswa yang mengikuti ujian (UTS, UAS dan remedial)
3. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang evaluasi untuk kelengkapan laporan pendidikan
4. Mengkoordinir nilai akhir mata kuliah dari coordinator mata kuliah untuk di serahkan kebagian administrasi prodi untuk diteruskan ke BAAK yang meliputi nilai KHS dan transkrip nilai di akhir semester 8.
5. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.
Tanggungjawab
1. Kebenaran dan ketepatan rencana program kerja
2. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3. Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5. Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7. Kedisiplinan staff sesuai kewenangannya

f. KOORDINATOR BIDANG PRAKTIK

Tugas pokok

Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Praktik Klinik Kebidanan Program Studi
UraianTugas
1. Melakukan koordinasi dalam penyusunan buku panduan praktik klinik
2. Menyiapkan perijinan praktik klinik berupa proposal surat penjajakan PKK
3. Menyiapkan pemetaan lahan praktik klinik, daftar mahasiswa dan daftar pembimbing
4. Mengusulkan MOU baru dan pengembangan lahan praktikkebagian BAAK
5. Membuat laporan pertanggungjawaban bidang praktik klinik untuk kelengkapan laporan pendidikan
6. Koordinasi dengan Prodi terkait jadwal OSCE
7. Membuat surat permohonan penggunaan laboratorium untuk ujian OSCE
8. Koordinasi perasat yang diujikan dengan koordinator mata kuliah
9. Koordinasi terkait penyusunan susunan panitia untuk ujian OSCE
10. Bertanggung jawab penyusunan laporan pertanggungjawaban untuk ujian OSCE
11. Bertanggungjawab dalam penyusunan laporan setiap Praktik Klinik Kebidanan.
12. Pelaksanaan tugas lain yang akan ditetapkan kemudian oleh Ka. Prodi.

Tanggungjawab

1. Kebenaran dan ketepatan rencana program kerja
2. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3. Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5. Kerahasiaansurat, dokumen, data dan informasi
6. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7. Kedisiplinan staff sesuai kewenangannya

g. PELAKSANA ADMINISTRASI PROGRAM STUDI

Tugas Pokok

Membantu Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dalam melaksanakan administrasi akademik
UraianTugas
1. Mendistribusikan SK mengajar setiap dosen
2. Melaksanakan tugas dalampembuatan dan penerbitan
3. Mendistribusikan surat tugas kepada dosen
4. Mendistribusikan surat keluar kepada unit yang dituju
5. Menerima dan memeriksa buku ekspedisi yang telah ditandatangani oleh penerima surat
6. Melayani mahasiswa dalam pengumpulan foto ijazah, transkip, nilai dan biodata mahasiswa
Wewenang
1. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana kerja program studi
2. Bekerjasama dengan staff administrasi akademik/unit kerja dalam lingkup PT
3. Menggunakan sarana dan prasarana untuk efektivitas dan efisiensi kerja serta pelayanan
4. Melaporkan dan bertanggungjawab terhadap hasil kerja kepada sekretaris Program Studi
Tanggungjawab
1. Kebenaran dan ketepatan rencana program kerja
2. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
3. Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
4. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
5. Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi
6. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas
7. Kedisiplinan staff sesuai kewenangannya

Daftar dosen

  1. Erlyn Hapsari, SST., M.Keb
  2. Eni Rumiyati, SST., M.K.M
  3. Wahyu Dwi Agussafutri, SST., MPH
  4. Dheny Rohmatika, S.SiT., M.Kes
  5. Deny Eka Widyastuti, SST., M.Kes., M.Keb
  6. Arista Apriani, SST., M.Kes., M.Keb
  7. Hutari Puji Astuti, S.SiT., M.Kes
  8. Christiani Bumi Pangesti, S.SiT., M.Kes
  9. Desy Widyastutik, SST., M.Keb
  10. Erinda Nur Pratiwi, SST., M.Kes., M.Keb
  11. Siti Nurjanah, SST., M.Keb
  12. Rahajeng Putriningrum, SST., M.Kes
  13. Tresia Umarianti, SST., M.Kes
  14. Yunia Renny Andhikatias, SST., MPH
  15. Megayana Yessy Maretta, SST., M.Keb

 Proses Pendidikan

Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga dengan beban  studi 113 SKS ditempuh selama 6 Semester. Selama proses pendidikan selain proses akademik mahasiswa juga mendapatkan ketrampilan mengelola sebuah kegiatan yang bermanfaat setelah mereka lulus.

Kegiatan akademik

  1. e-Learning dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
  2. e-Journal dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
  3. e-book dapat diakses di laman website http://ukh.ac.id
  4. Digital Library dapat diakses di laman website http://digilib.ukh.ac.id
  5. Artikel
  6. Kegiatan PKKMB

Fasilitas

1.    Ruang kelas nyaman yang dilengkapi fasilitas LCD, komputer, Air Conditioner, white board
2.    Laboratorium praktik untuk mendukung peningkatan keterampilan mahasiswa; baik laboratorium keterampilan kebidanan (skill lab)
3.    Laboratorium praktikum Bahasa terpadu terdiri dari 30 unit PC beserta fasilitas audio
4.    Perpustakaan menyediakan berbagai buku referensi yang lengkap dan bias diakses secara online berupa jurnal maupun repository
5.    Jaringan internet yang cepat (via kabel, wifi) yang tersebar, baik di lingkungan prodi, fakultas, maupun universitas
6.    Perlengkapan audio-visual untuk mendukung proses perkuliahan.
7.    Tempat ibadah yang memadai baik di tingkat prodi, fakultas dan universitas