Studi ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun dengan beban kuliah sebesar
109 SKS. Pembelajaran berbasis bukti (evidence based) 40% teori dan 60%
praktik sehingga lulusan pasti terampil dan siap kerja. Dibekali
kemampuan asuhan kebidanan holistik untuk menunjang kemampuan kebidanan
dan mengembangkan jiwa entrepeneurship di bidang kesehatan.
Prospek lulusan sebagai Bidan di Rumah Sakit/Klinik dan Rumah Bersalin,
Puskesmas, Kementrian Kesehatan, Bidan Komunitas (Bidan Desa), Praktik
Mandiri, PNS.
VISI
Menjadi Program Studi yang kompeten, inovatif, dan unggul dalam melakukan health improvement of mom and baby.
MISI
Menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga Kebidanan berkualitas yang berbasis penelitian untuk menghasilkan Bidan yang berkarakter, berdaya saing tinggi, dan unggul dalam melakukan health improvement of mom and baby.
Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian berkualitas dan inovatif dibidang kebidanan yang mendukung pengembangan health improvement of mom and baby.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang kebidanan dalam rangka aplikasi riset yang dapat memberikan solusi dan manfaat bagi masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
Mengembangkan profesionalisme bagi semua civitas akademika Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga.
Mengembangkan jejaring kerjasama baik nasional maupun global yang mendukung pengembangan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Universitas Kusuma Husada Surakarta adalah:
PROFIL LULUSAN
Lulusan Bidang Diploma Tiga Universitas Kusuma Husada Surakarta dapat menjadi :Lulusan Ahli Madya Kebidanan berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan dengan health improvement of mom and baby pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita, dengan memperhatikan aspek bio-psiko-sosio-kultural dan budaya pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan Kesehatan.
a.KETUA PROGRAM STUDI
Tugas Pokok
Terselenggaranya proses belajar mengajar di Prodi yang bermutu sesuai dengan standar SNP-PT Universitas Kusuma Husada Surakartab.SEKRETARIS PROGRAM STUDI
Tugas Pokok
Membantu Ketua program Studi di dalam pengelolaan dan pengembangan Prodi serta memonitor dan bertanggungjawab atas kelancaran proses belajar mengajar di tingkat ProdiTanggungjawab
1.Melaksanakan kurikulum dan implementasinyac.KOORDINATOR BIDANG KEMAHASISWAAN
Tugas Pokok
Membantu Sekretaris dalam tugas yang berkaitan dengan kemahasiswaan di Program Studi.UraianTugas
1.Menyiapkan buku-buku pedoman dan panduan PMB (Buku Panduan Akademik, Buku Saku Mahasiswa dan Buku Monitoring PA)d.KOORDINATOR BIDANG KURIKULUM
Tugas Pokok
Membantu Sekretaris Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran di Program StudiUraianTugas
1.Membuat kalender akademik dan jadwal perkuliahane. KOORDINATOR BIDANG EVALUASI
Tugas pokok
Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Evaluasi Program StudiUraian Tugas
1. Melakukan rekapitulasi nilai dari koordinator mata kuliahf. KOORDINATOR BIDANG PRAKTIK
Tugas pokok
Membantu Ketua Program Studi dalam hal tugas yang berkaitan dengan Praktik Klinik Kebidanan Program StudiTanggungjawab
1. Kebenaran dan ketepatan rencana program kerjag. PELAKSANA ADMINISTRASI PROGRAM STUDI
Tugas Pokok
Membantu Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dalam melaksanakan administrasi akademikProses Pendidikan
Program Studi Kebidanan Program Diploma Tiga dengan beban studi 113 SKS ditempuh selama 6 Semester. Selama proses pendidikan selain proses akademik mahasiswa juga mendapatkan ketrampilan mengelola sebuah kegiatan yang bermanfaat setelah mereka lulus.
1. Ruang kelas nyaman yang dilengkapi fasilitas LCD, komputer, Air Conditioner, white board
2. Laboratorium praktik untuk mendukung peningkatan keterampilan mahasiswa; baik laboratorium keterampilan kebidanan (skill lab)
3. Laboratorium praktikum Bahasa terpadu terdiri dari 30 unit PC beserta fasilitas audio
4. Perpustakaan menyediakan berbagai buku referensi yang lengkap dan bias diakses secara online berupa jurnal maupun repository
5. Jaringan internet yang cepat (via kabel, wifi) yang tersebar, baik di lingkungan prodi, fakultas, maupun universitas
6. Perlengkapan audio-visual untuk mendukung proses perkuliahan.
7. Tempat ibadah yang memadai baik di tingkat prodi, fakultas dan universitas